Penyebab Dan Cara Mengobati Flek Hitam

Penyebab Bintik Hitam

Bintik hitam muncul setelah terpapar matahari tanpa menggunakan tabir surya. Bintik-bintik hitam ini biasanya muncul di wajah, dan lebih sering pada orang dengan kulit putih dan rambut berkilau, seperti Kaukasia dan Asia. Bintik hitam disebabkan oleh kombinasi rias genetik dan paparan sinar matahari. cara menghilangkan flek hitam

Komedo dapat muncul pada semua orang yang tidak melindungi kulit mereka dari paparan sinar UV. Sinar matahari untuk berjemur memancarkan sinar UV yang, ketika diserap oleh kulit, mengaktifkan melanosit di kulit untuk menghasilkan pigmen melanin. Orang dengan rambut pirang atau merah, mata cerah dan kulit putih sangat sensitif terhadap efek sinar UV, yang membuat mereka lebih cenderung memiliki bintik hitam. Bintik-bintik hitam disebabkan oleh akumulasi atau deposit pigmen melanin pada titik di kulit.

Selain itu, akumulasi melanin juga dipengaruhi oleh faktor genetik atau faktor keturunan, sehingga tidak jarang seseorang dengan flek hitam pada wajah juga memiliki orang tua dengan kondisi yang sama. masker untuk kulit kering

Cara Mengobati Flek Hitam

Komedo umumnya tidak dirawat karena tidak berbahaya, tetapi pada beberapa orang, mereka akan melihat kepercayaan diri mereka berkurang di hadapan komedo ini. Ada beberapa metode untuk mengurangi dan mencegah munculnya bintik hitam. Penggunaan tabir surya dengan SPF 50 sangat dianjurkan. Selain itu, kosmetik juga bisa digunakan untuk menutupi dan menyamarkan komedo. Biasanya kombinasi dari beberapa metode diperlukan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Krim pemutih: produk yang mengandung hidrokuinon dan asam kojic. Produk ini dapat membantu menutupi komedo jika digunakan secara teratur selama beberapa bulan. Krim pemutih paling efektif jika individu tersebut juga menghindari sinar matahari dan melindungi diri dari paparan sinar matahari. Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan krim ini untuk menghindari efek samping seperti kulit kering, scaling dan iritasi.


  • Retinoid: Produk ini terkadang digunakan bersamaan dengan krim pemutih lainnya dan dapat membantu menutupi flek hitam jika digunakan terus menerus selama beberapa bulan. Retinoid adalah vitamin A dan, tentu saja, mereka memiliki efek samping tertentu, seperti mengelupas, kering, dan kemerahan.
  • Cryosurgery: tindakan pembekuan dengan nitrogen cair yang terjadi di kantor dokter. Namun, tindakan ini hanya dapat digunakan untuk beberapa jenis komedo.
  • Terapi laser: Berbagai jenis laser dapat memudar dan mengurangi penampilan komedo dengan aman dan efektif. Seperti cryosurgery, terapi ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dan risiko perubahan warna dan jaringan parut rendah. Meskipun aman, tetapi efek samping juga dapat terjadi, perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengikuti perawatan ini.
  • Cahaya berdenyut intens: Metode ini juga dapat menutupi dan menghilangkan komedo dengan memancarkan gelombang terhadap sel pigmen.
  • Chemical peel: Dalam terapi ini, larutan kimia akan diterapkan pada wajah dan larutan ini akan membuat kulit luar wajah terkelupas. Terapi ini bisa menutupi komedo. Harap dicatat bahwa efek samping dari terapi ini adalah pengelupasan kulit, kemerahan dan rasa sakit.

Comments

Popular posts from this blog

Pertamina Sebar 60 Ribu Benih Udang Windu di Dusun Bondan Cilacap

Info Lengkap Cara menghilangkan jerawat dengan garam secara alami

Info Lengkap Daftar buah sehat untuk kulit wajah anda yang perlu diketahui