Pertamina Sebar 60 Ribu Benih Udang Windu di Dusun Bondan Cilacap

Sekitar 60.000 udang windu dan 20.000 bibit ikan susu ditanam di kolam khusus menggunakan teknologi biofilter multikultural. Multikulturalisme adalah bisnis pertanian di mana berbagai jenis tanaman ditanam di tanah yang sama. Sistem ini meniru keanekaragaman ekosistem alami dan menghindari budaya tunggal. Harga Pertamax turbo

Oktober diadakan oleh General Manager GM Cilacap (GM) di Distrik Kampung Laut di Jawa Tengah, Kabupaten Cilacap, Desa Udan Alang, Joko Pranoto di Dusun Bondan dan Unit Kilang Pertamina (RU). Lokasi ini adalah sebuah desa yang dikembangkan oleh Pertamina RU IV di wilayah Setam Anakan, sebuah laguna besar yang mengelilingi Jawa Tengah dan Barat di pantai selatan pulau Jawa.

Tambak Biofilter Polikultur ini adalah program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (CSR) Pertamina RU IV Cilacap, hutan bakau yang berfungsi sebagai pakan alami untuk udang dan ikan susu, dengan Kerang Totok, di mana siklus hidup hewan-hewan tambak menyerap sisa-sisa proses yang ada. Tumbuhan termasuk dalam kolam.

Menurut Joko, memberikan udang dan biji susu ke Dusun Bondan merupakan kelanjutan dari program CSR yang dilakukan oleh Pertamina RU IV di lokasi itu. "Ini juga bukti dari upaya kami untuk terus ada di lingkungan sekitar kilang untuk memperkuat ekonomi lokal," katanya, Senin, 27.07.2013. SPBU Pertamina

Secara umum, Dusun Bondan masih tergolong wilayah miskin oleh masyarakat. 78 dari 312 rumah tangga tinggal di desa dengan mata pencaharian nelayan dan nelayan. Pertamina RU IV Cilacap menciptakan program E-mas Bayu dan E-mbak Mina tahun lalu, sehingga menyediakan listrik untuk mengambil tempat teratas dalam Kompetisi Desa Mandiri Energi Jawa Tengah pada 2019.

Energi Mandiri

Program Bayu E-Mas adalah energi independen dari matahari dan angin, sedangkan Mina Mina adalah energi independen kolam ikan yang dibangun oleh Pertamina, program kedua, pembangkit listrik hibrida (PLTH) puncak 12.000W (PLTH). Melalui salah satu program ini, Pertamina RU IV menerima penghargaan Emas Layak dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia untuk pertama kalinya.

Program Biofilter Polyculture Pond adalah sebuah inovasi menggunakan PLTH dari Bondan Hamlet. Menurut Joko, diharapkan hasil efisiensi kolam dapat ditingkatkan dengan memperkaya oksigen kolam dengan menyediakan listrik untuk aerator kolam. Selain itu, Bondan Hamlet memiliki kolam yang cukup besar, tetapi masih dikelola secara tradisional.

"Kami berharap Pertamina RU IV dapat mempertahankan emas yang tepat dengan menambahkan berbagai program dan inovasi."

Comments

Popular posts from this blog

Info Lengkap Cara menghilangkan jerawat dengan garam secara alami

Info Lengkap Daftar buah sehat untuk kulit wajah anda yang perlu diketahui